Content

Jumat, 22 Maret 2013

10 Manfaat Susu Kedelai

10 Manfaat Susu Kedelai Bagi Tubuh Manusia. Susu kedelai, nama yang sudah sering kita dengar. Banyak sekali orang yang menjual susu kedelai. Tapi tahukah anda manfaat susu kedelai? mungkin banyak orang yang suka minum susu kedelai tapi tidak pernah mengetahui manfaat susu kedelai tersebut. Nah, bagi anda yang ingin tahu apa saja manfaat susu kedelai silakan baca artikel ini sampai selesai, ini dia manfaat susu kedelai.
                                     
Manfaat Susu Kedelai
ALT
1. Untuk mencegah penuaan dini  
Manfaat susu kedelai yang pertama adalah mencegah penuaan dini. Susu kedelai selain mengandung protein yang tinggi juga kaya akan zat senyawa Anti Aging, vitamin E pun terkandung didalamnya. Jadi, mengonsumsi susu kedelai ini akan terlihat awet muda.

2. Mengatasi Intoleransi Laktosa
Intoleransi Laktosa adalah sistem pencernaan yang tidak mampu mencerna dan menyerap laktosa atau lemak susu dengan baik akibat terbatasnya enzyme laktase dalam tubuh yang berfungsi untuk memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa (monosakarida) agar lebih mudah dicerna oleh usus. Sehingga tidak baik untuk memberikan susu sapi kepada balita yang mengalami intoleransi laktosa. karena susu sapi mengandung laktosa. Gejalanya berupa mual, muntah, diare, dan gejala sakit perut yang lain. Sebagai gantinya anda bisa memberikan susu kedelai kepada balita diatas 1 tahun sebagai pendamping ASI.

3. Pengganti susu sapi bagi autis
Salah satu manfaat susu kedelai adalah bisa digunakan sebagai minuman pengganti susu sapi bagi penderita autisme. Autisme adalah keadaan seseorang yang sejak lahir ataupun saat masa balita tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal. Susu sapi dan keju adalah alah satu sumber kasein atau protein susu dan glutein atau protein tepung jadi tidak baik diberikan pada penderita Autisme. Karena  kasein dan glutein bisa menyebabkan gangguan fungsi otak dan bisa menyebabkan autisnya semakin parah. Jadi pemberian susu dan keju bisa diganti dengan susu kedelai.

4. Pengganti susu sapi bagi para vegetarian
Para vegetarian menjauhi makanan yang berasal dari hewan, oleh karena itu harus ada solusi untuk para vegetarian. Karena kandungan gizi susu kedelai sangatlah besar, diantaranya vitamin, sumber mineral, sumber Karbohidrat, sumber Protein, dan sumber Lemak. Sehingga sangat baik jika dijadikan pengganti susu sapi bagi para vegetarian.

5. Mencegah Arteriosklerosis, Hipertensi, Jantung Koroner, dan Stroke
Manfaat susu kedelai lainnya dalam adalah Vitamin E yang mampu mencegah terjadinya Penyakit Jantung Koroner dan Stroke. Susu kedelai juga mengandung asam Folat dan Vitamin B6 yang  sangat bermanfaat mencegah penyakit jantung. Kandungan magnesium dalam susu kedelai dapat mengatur tekanan darah seseorang.

6. Mengurangi kadar kolesterol dalam darah
Kandungan lesitin dalam susu kedelai berfungsi untuk menghalau LDL sedangkan kandungan isoflavon  mampu berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan level HDL yang baik untuk kesehatan jantung. Ingin jantung sehat, minum susu kedelai.

7. Mencegah kencing manis / diabetes mellitus
Kandungan protein dalam susu kedelai ternyata lebih mudah untuk diterima oleh ginjal dibandingkan protein lainnya yang berasal dari hewan. Jadi mengkonsumsi susu kedelai adalah sangat baik bagi penderita diabetes.

8. Menghambat menopause dan mencegah osteoporosis
Susu kedelai mengandung isoflavon dan vitamin E yang bisa mengatasi sindroma menopause dan juga mencegah osteoporosis.

9. Mencegah migrain
Susu kedelai kaya akan kandungan Vitamin B-Complek (kecuali B12), Mineral (terutama Kalium), dan Asam Amino (terutama Lisin) yang mampu untuk mencegah dan meredakan migrain. Jadi salah satu manfaat susu kedelai adalah meredakan migrain.

10. Sebagai anti kanker
Susu kedelai mengandung zat antioksidan (seleniu, vitamin E, isoflavon dan Genistein.) yang dapat menangkal seragan radikal bebas pemicu kanker.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

≡ Arsip Blog Tiya Sri Andini Update